AkhirMali.com News :
Home » » Pengertian Sejarah Peradaban Islam

Pengertian Sejarah Peradaban Islam

Written By spiakhirmali on Rabu, 09 April 2014 | 3:04 AM

DAFTAR CUG CORPORATE | KLIK DISINI Sejarah Peradaban IslamPengertian Sejarah
Sejarah berasal dari bahasa Arab dari kata “Syajarotun” artinya pohon. Kalau kita telaah secara sistematis memang sejarah hampir sama dengan pohon yakni mempunyai cabang dan ranting, bermula dari sebuah bibit, kemudian tumbuh dan berkembang, lalu layu dan tumbang. Seirama dengan kata sejarah adalah kata silisilah, kisah, hikayat yang berasal dari bahasa Arab.
Pengertian Sejarah Peradaban Islam

Dalam dunia barat sejarah disebut Histoire (Prancis), Historie (Belanda), dan History (Inggris). Dalam bahasa Yunani berasal dari dua kata yaitu istoria yang berarti ilmu. Menurut Aristoteles Istoria diartikan sebagai kajian sistematik mengenai seperangkat gejala alam, yang dituturkan secara kronologis maupun tidak kronologis. Penegrtian ini masih digunakan dalam bahasa Inggris yang disebut Natural History. Kata istoria biasanya diperuntukkan bagi kajian mengenai gejala-gejala hal ihwal manusia alam urutan kronologis.
Definisi secara umum kata history berarti “masa lampau umat manusia”. Dalam bahasa Jerman disebut Geschichte, berasal dari kata geschehen yang berarti terjadi, sedangkan dalam bahasa Arab disebut Tarikh, berasal dari akar kata ta’rikh dan taurikh yang berarti pemberitahuan tentang waktu dan kadangkala kata tarikhusy-syay-I menunjukkan arti pada tujuan masa berakhirnya suatu peristiwa.
Dalam kamus bahasa Indonesia, pengertian sejarah mencakup 3 hal :
  1. Silsilah, asal usul keturunan
  2. Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, riwayat, tambo, peristiwa-peristiwa penting yang benar-benar terjadi, cerita-cerita yang beradasr pada kejadian-kejadian yang benar-benar terjadi
  3. Ilmu pengetahuan atau uraian tentang peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.
Sejarah Peradaban Islam - Definisi sejarah menurut pendapat beberapa ahli :
  1. Menurut Ibnu Khaldun.
Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak-watak masyarakat itu, seperti keliaran, keramahtamahan dan solidaritet golongan, tentang revolusi-revolusi dan pemberontakan-pemberontakan oleh segolongan rakyat melawan golongan yang lain dengan akibat timbulnya kerajaan-kerajaan dan negara-negara, dengan tingkat bermacam-macam, tentang bermacam-macam kegiatan dan kedudukan orang, baik untuk mencapai penghidupannya, maupun dalam bermacam-macam cabang ilmu pengetahuan dan pertukangan, dan pada umumnya tentang segala perubahan yang terjadi ke dalam masyarakat karena watak masyarakat itu sendiri ………………….
  1. Menurut Bauer
Sejarah ialah suatu ilmu pengetahuan yang berikhtiar untuk melukiskan dan dengan penglihatan yang simpatik menjelaskan fenomena kehidupan sepanjang terjadi perubahan karena adanya hubungan antara manusia terhadap masyarakatnya. Melihat dampaknya pada masa-masa berikutnya atau yang berhubungan dengan kualitas mereka yang khas dan berkonsentrasi pada perubahan-perubahan yang temporer dan di dalam hubungan terhadap yang tidak dapat diproduksi kembali.
  1. Menurut Zidi Gazalba
Sejarah adalah gambaran masa lalu tentang manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap, meliputi urutan fakta tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kefahaman tentang apa yang telah berlalu itu.
  1. Menurut Brenheim
Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki dan menceritakan fakta-fakta di dalam waktu temporer dan di dalam hubungan dengan perkembangan umat manusia dalam aktifitas mereka (baik individu maupun kolektif) sebagai makhluk sosial di dalam hubungan sebab akibat.
Sejarah Peradaban Islam - Persoalan dalam sejarah
  1. Persoalan sejarah sebagai peristiwa dan sejarah sebagai kisah
Sejarah sebagai peristiwa adalah peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad SAW., hijrah nabi, proklamasi kemerdekaan RI, dll.
Sejarah sebagai kisah adalah hasil rekonstruksi para sejarawan, biasanya diterbitkan dalam sebuah buku. Penulis buku sejarah tersebut biasanya berbeda-beda penafsiran meskipun dalam bahasan masalah yang sama.

Sejarah Peradaban Islam - Peradaban (civilization) adalah masyarakat yang teramat mapan / a well-established dan kompleks/complex society yang mencakup segi-segi kehidupan politik, administrasi, pendidikan, ilmu pengetahuan, budaya, agama, hukum, dan sebagainya.
                Dengan demikian pengertian Sejarah Peradaban Islam adalah keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan peradaban Islam dari satu waktu ke waktu lain, sejak zaman lahirnya Islam sampai detik ini.
OUTPUTSEJARAH PERADABAN ISLAM
·                  Memperoleh informasi tentang aktifitas peradaban islam dari zaman Rasulullah saw sampai sekarang
·       Mengetahui perkembangan peradaban islam dengan ide, konsep, institusi, sistem dan operasionalisme dari waktu kewaktu
·         Memberikan pelajarandan spirit untuk terus belajar tiada berhenti sampai menciptakan kemajuan era peradaban islam yang lebih maju dan baru dst.

PERIODISASI SEJARAH PERADABAN ISLAM
  •         Pengertian & Fungsi Periodisasi Sejarah
  •      Ciri-ciri Babakan Sejarah
  •      Pembagian Periodisasi Sejarah Peradaban Islam
        Periodisasi adalah Pembabakan waktu yang dipergunakan untuk berbagai peristiwa. Kompleksnya peristiwa yang terjadi dalam kehidupan manusia pada setiap masa memerlukan suatu pengklasifikasian berdasarkan bentuk serta jenis peristiwa tersebut. Peristiwa-peristiwa yang telah diklasifikasikan itu disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu kejadiannya.
        Periodisasi digunakan untuk mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah kehidupan manusia. Periodisasi yang dibuat oleh banyak peneliti berakibat adanya perbedaan-perbedaan pandangan sehingga periodisasi sejarah bersifat subjektif yang dipengaruhi subjek permasalahan serta pribadi penelitinya.

PERIODISASI SEJARAH PERADABAN ISLAM

1. KLASIK ( 600 – 1258 M)
2. PERTENGAHAN (smp akhir Abad 17 M)
3. MODERN ( Abad 18 M s/d Sekarang)
1. PERIODE KLASIK

  • Berlangsung sejak Abad ke – 7 s/d 12 M)
  • 3 Fase : 1. Penciptaan Komunitas Islami di Arabia
               2. Penaklukan Timur Tengah olh Muslimin
               3. Nilai Islam merubah Mayoritas timurTengah
  • Ciri : Perpaduan Peradaban Islam dg TimurTengah, pola ekonomi dan monoteistik.
2. PERIODE PERTENGAHAN

Ø  Berlangsung dari Abad 13 – 19 M
Ø  Ciri : Era Penyebaran Global Masyarakat Islam, Islam menjadi agama masyarakat Asia Tengah, Cina, India, Asia Tenggara, Afrika dan Balkan.
Ø  Interaksi Nilai-nilai Islam dg Nilai-nilai Masyarakat setempat.

4.       PERIODE MODERN
Berlansung dari abad ke – 18 s/d 20 M
 Ciri : Modernisasi & Transformasi Masy. Muslim
 Kehancuran Imperium Islam, Kemunduran ekonomi, konflik internal keagamaan.
 Kebangkitan Peradaban dan Ekonomi Eropa serta dominasi culturnya

Makalah Sejarah Peradaban Islam Buku Sejarah Peradaban Islam akan dibahas selengkapnya setelah pembahasan Pengertian Sejarah Peradaban Islam pada kesempatan yang akan datang

DAFTAR CUG SEKARANG | KLIK DISINI



Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2000. Sejarah Peradaban Islam
Template Modified by Akhir Mali El-Bustany Gayo Proudly powered by Blogger