AkhirMali.com News :

Sebelum Masa Kerasulan

Written By spiakhirmali on Rabu, 09 April 2014 | 3:42 AM

DAFTAR CUG CORPORATE | KLIK DISINI
Sejarah Peradaban Islam Sebelum Masa Kerasulan
Riwayat Hidup Nabi Muhammad : Dakwah dan Perjuangan
Sejarah Peradaban Islam | Sebelum Masa Kerasulan
Sebelum Masa Kerasulan

Sejarah Peradaban Islam | Sebelum Masa Kerasulan - Nabi Muhammad Saw. adalah anggota Bani Hasyim, suatu kabilah yang kurang berkuasa dalam suku Quraisy. Kabilah ini memegang jabatan siqayah. Ayahnya bernama Abdullah anak Abdul Muthalib,seorang kepala suku Quraisy yang besar pengaruhnya. Ibunya bernama Aminah Binti Wahadari Bani Zuhrah. Tahun kelahiran nabi dikenal dengan nama Tahun Gajah(570M). Muhammad lahir dalam keadaan yatim karena ayahnya meninggal dunia tiga bulan setelah dia menikahi Aminah. Muhammad kemudian diserahkan kepada ibu pengasuh, Halimah Sa’diyah sampai usia empat tahun. Setelah itu, kurang lebih dua tahun dia berada dalam asuhan ibu kandungnya dan ketika berumur enam tahun, dia menjadi yatim piatu.

Sejarah Peradaban Islam | Sebelum Masa Kerasulan - Setelah Aminah meninggal, Abdul Muthalib mengambil alih tanggung jawab merawat Muhammad. Namun, dua tahun kemudian Abdul Muthalib meninggal dunia karena renta. Tanggung jawab selanjutnya beralih kepada pamannya, Abu Thalib. Dalam usia muda, Muhammad hidup sebagai pengembala kambing keluarganya dan kambing penduduk Makkah. Melalui kegiatan pengembalangan ini dia menemukan tempat untuk berfikir dan merenung.
Dalam usia muda, Muhammad hidup sebagai penggembala kambing keluarganya dan kambing penduduk Makkah. Pada usia yang kedua puluh lima, Muhammad berangkat ke Syiria membawa barang dagangan saudagar wanita kaya raya yang telah lama menjanda, Khodijah. Khodijah kemudian melamarnya. Ketika itu Muhammad berusia 25 tahun dan Khodijah 40 tahun dan dikarunia enam orang anak dua putra dan empat putri.

Sejarah Peradaban Islam | Sebelum Masa Kerasulan - Peristiwa penting yang memperlihatkan kebijaksanaan Muhammad terjadi pada saat usianya 35 tahun. Waktu itu bangunan Ka’bah rusak berat. Perbaikan Ka’bah dilakukan secara gotong royong, tetapi pada saat terakhir, ketika pekerjaan tinggal meletakkan hajar aswad di tempatnya semuala, timbul perselisihan. Perselisihan semakin memuncak, namunakhirnya para pemimpin Quraisy sepakat bahwa orang yang pertama masuk ke Ka’bah melalui pintu shafa, akan dijadikan hakim untuk memutuskan perkara ini. Ternyata, orang yang pertama masuk itu adalah Muhammad. Ia pun dipercaya jadi hakim.

Riwayat Hidup Nabi Muhammad : Dakwah dan Perjuangan
Sejarah Peradaban Islam | Sebelum Masa Kerasulan
Sebelum Masa Kerasulan




DAFTAR CUG SEKARANG | KLIK DISINI



Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2000. Sejarah Peradaban Islam
Template Modified by Akhir Mali El-Bustany Gayo Proudly powered by Blogger